Sejumlah peserta Musabaqoh Tilawatil Qurโ€™an dan Hadits (MTQH) X tingkat Provinsi Kepri tampil memukau di babak final pada Jumat (24/5/2024).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota (Kabag Kesra Setdako) Batam, Mahlil, mengungkapkan untuk Jumat (24/5/2024), terdapat lima cabang lomba yang memasuki babak final.

โ€œBanyak peserta tampil memukau di babak final. Penampilan peserta juga disiarkan langsung di kalan YouTube Diskominfo Batam,โ€ ujar Mahlil.

Adapun, cabang lomba yang memasuki babak final yakni golongan tilawah anak-anak yang disiarkan langsung dari Astaka Utama, Selain itu, juga golongan tilawah remaja yang disiarkan dari lokasi sama.

โ€œSelain itu, ada hafalan 100 hadis dengan sanad yang disiarkan dari Gedung LAM Batam, dan Syahril Al-Qurโ€™an putra juga masuk babak final yang disiarkan dari Mega Mall. Yang terakhir untuk babak final yakni cabang karya tulis ilmiah Al-Qurโ€™an yang disiarkan dari Politeknik Negeri Batam,โ€ ujarnya.

Selain lomba yang memasuki babak final, di hari sama juga digelar berbagai lomba lainnya yakni golongan Qiroโ€™at Mujawwad Dewasa yang digelar secara online, kemudian Qiroโ€™at Murattal Dewasa yang digelar di Astaka Utama.

Kemudian, Hifzil Qurโ€™an golongan 5 juz dan tilawah di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Di lokasi sama juga digelar lomba Tafdil Al-Qurโ€™an golongan Bahasa Inggris.

โ€œUntuk di Masjid Tanjak digelar Hifzil Qurโ€™an golongan 20 juz. Kemudian di One Batam Mall digelar lomba Fahmil Qurโ€™an, dan di SMPN 31 Batam digelar lomba khat Al-Qurโ€™an,โ€ ujarnya.

โ€œAlhamdulillah semua perlombaan berjalan lancar,โ€ tambah Mahlil.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam menyiarkan secara langsung penampilan peserta MTQH X Kepri.

โ€œSejumlah cabang perlombaan kami siarkan secara langsung melalui kanal YouTube Diskominfo Batam,โ€ ujar Kepala Diskominfo Batam, Rudi Panjaitan.

โ€œIni dalam rangka menyukseskan MTQH X Kepri. Masyarakat bisa menyaksikan langsung penampilan peserta melalui kanal YouTube Diskominfo Batam,โ€ tambahnya.