MabesNews.com, Batam- Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, menjadikan Malam Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) Ke-10 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), momen yang tepat untuk menjalin persaudaraan antara para kafilah dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kepri tersebut, saat memberi sambutan di Malam Taaruf MTQH Ke-10 Tingkat Provinsi Kepri, di Pacific Palace Hotel Batam, Jodoh, Minggu (19/5/2024).

Malam taaruf ini dihadiri seluruh kafilah dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepri. Yakni, Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam kesempatan itu juga dihadiri Wali Kota Batam /Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Batam dan Provinsi Kepri. Bahkan para mantan Gubernur Kepri yakni, Nurdin Basyirun dan Isdianto, turut hadir.

โ€œSelamat datang para peserta, kita berkumpul dengan semangat yang sama untuk menyukseskan MTQH Ke-10 Kepri. Dengan acara ini, semoga kita saling mengenal dan memperkuat tali persaudaraan. Semoga jua acara MTQH X Kepri berlangsung lancar tanpa kendala dalam sepekan ke depan,โ€ katanya.

Tak lupa Marlin mengingatkan agar peserta menyiapkan diri dengan matang. Ia ingin hasil MTQH Ke-10 Kepri ini, mencetak kafilah terbaik di ajang MTQH tingkat nasional nanti.

โ€œSuatu kebanggan kita saat STQH di Jambi mendapat peringkat keempat di Indonesia dari sebelumnya di peringkat ketujuh. Semoga ke depan Kepri bisa lebih baik lagi,โ€ ujarnya.

Selanjutnya, Marlin memaparkan bahwa rangkaian MTQH Ke-10 Kepri akan dimulai pada 20-27 Mei 2024 nanti, dan dipusatkan di Dataran Engku Putri, Batamcentre.

Setelah malam taaruf, maka pada Senin (20/5/2024) akan digelar pawai taaruf, kemudian pelantikan dewan hakim, pembukaan bazar, pembukaan acara, hingga penutupan.

Adapun cabang yang dilombakan di ajang MTQH Ke-10 Tingkat Provinsi Kepri ini adalah:

Seni baca Alquran, qiraat Alquran, hafalan Alquran, tafsir Alquran, fahmil Alquran, syarhil Alquran, seni kaligrafi Alquran, karya tulis ilmiah Alquran, Musabaqah Hadis Nabi, serta eksibisi dan qasidah rebana. (Nursalim Turatea)